Belajar TOEFL Dari Nol: Panduan Lengkap untuk Meraih Skor Tinggi

Penguasaan bahasa Inggris adalah kunci untuk meraih sukses dalam ujian TOEFL (Test of English as a Foreign Language). Bagi banyak orang, memulai perjalanan belajar TOEFL dari nol mungkin terasa menantang, tetapi dengan pendekatan yang tepat, Anda dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris Anda secara signifikan.

Tes TOEFL adalah Ujian bahasa Inggris untuk orang yang bukan penutur asli bahasa Inggris. Tentunya untuk mendapatkan skor minimal atau skor TOEFL yang tinggi, kita perlu mempelajari TOEFL secara efektif. Sedikit informasi, sertifikat hasil ujian TOEFL akan dibutuhkan untuk berbagai hal, seperti belajar di luar negeri hingga persyaratan wajib CPNS, Kamu tahu! Nah, buat kamu yang ingin mendapatkan nilai TOEFL yang tinggi, simak cara belajar TOEFL untuk pemula pada artikel berikut ini!

Cara Belajar TOEFL untuk Pemula Otodidak

Sebelum mengikuti ujian TOEFL, Anda pasti sudah menentukan target yang harus Anda capai bukan? Nah, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa menerapkan beberapa tips berikut ini agar target skor Anda bisa tercapai. Semua tips di bawah ini bisa kamu lakukan sendiri lho! Baca sampai akhir ya? 

1. Kenali Berbagai Jenis Pertanyaan dan Instruksi

Pertama, yang bisa Anda lakukan adalah membiasakan mengenali berbagai jenis pertanyaan. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan mengikuti banyak tes latihan. Pemburu juga harus memahami berbagai jenis instruksi, serta tenggat waktu yang diberikan untuk menyelesaikan setiap bagian tes.

Jadi Hunter akan lebih mudah mendapatkan skor tinggi, terutama di bagianMembaca DanStruktur. Mengikuti tes tanpa mengikuti instruksi dengan benar adalah cara pasti untuk kehilangan nilai.

2.Manfaatkan Waktu Anda Sebaik-baiknya

Tips selanjutnya yang bisa kita lakukan adalah menggunakan waktu secara efektif. Kemampuan pemburu dalam manajemen waktu sangatlah penting. Sebelum memulai, tentukan berapa banyak waktu yang dapat Anda habiskan untuk menjawab setiap pertanyaan. Jangan melebihi batas waktu yang telah ditetapkan oleh Pemburu untuk diri mereka sendiri.

Selain itu, jangan buang waktu untuk mengerjakan soal yang terlalu sulit. Misal dalam waktu 5 menit anda bisa memilih untuk menjawab 3 soal mudah atau 1 soal sulit, Hunter pastinya tahu mana yang harus dipilih karena semua soal memiliki bobot yang sama. Luangkan waktu untuk mendapatkan poin sebanyak-banyaknya.

3. Fokus pada Tata bahasa dan Kosakata

Jangan lupa, tes TOEFL mengukur tingkat kemampuan bahasa Inggris. Tes ini mengukur tingkat kosakata (kosakata) Dantata bahasa Pemburu. Untuk itu, yang bisa dilakukan Hunter adalah memperbanyak kosakatanya setiap hari. Cara terbaik untuk menambah kosakata adalah dengan menuliskan kata-kata dan kemudian mengaktifkannya dalam memori dengan menggunakannya dalam kalimat.

Tes TOEFL mengukur pemahaman kosakata dalam konteks. Jadi gunakan kamuson line atauluringuntuk mengetahui apa arti kata tertentu dan contoh penggunaannya dalam kalimat. 

4. Kemampuan Membaca Dan Mendengarkan

Pada soal TOEFL ada 3 bagian yang akan diujikan, dua diantaranya adalah Listening danMembaca. Untukketerampilan Saat ini cara belajar TOEFL secara otodidak adalah dengan membaca berita atau artikelon line dan dengan mendengarkansiniar atau kuliah, berbicara bahasa inggris tentunya. Belajar mengenali tanda-tanda yang menunjukkan letak informasi penting dalam suatu artikel atausiniar. Misalnya mencari ide topik, makna tersirat dan tersurat, dan lain-lain.

5. Berlatih Mencatat

Selanjutnya kita perlu belajar bagaimana membuat catatan secara singkat dan cepat ketika mengerjakan tesMendengarkan DanMembaca. Belajar mengenali kata kunci dengan cepat juga akan sangat membantu. Garis bawahi kata-kata kunci yang mengarah pada jawaban yang benar.

Ingat, jangan menulis setiap kata karena cara ini akan membuang waktu dan juga tidak efektif. Ambil hanya kata-kata tertentu seperti kata benda, kata kerja, dan kata keterangan. Nama dan nomor juga menjadi hal penting yang harus dicantumkan dalam catatan. Gunakan simbol dan singkatan yang mudah dimengerti.

6. Tetap Positif dan Fokus

Tip lainnya adalah belajar menggunakan emosi negatif untuk mencapai tujuan positif. Stres bisa menjadi faktor motivasi yang sangat berguna. Jika stres, Pemburu dapat menggunakan emosi tersebut untuk memotivasi diri dan tetap fokus pada tujuan. Namun terlalu banyak tekanan juga tidak baik.

Pemburu tidak akan percaya diri untuk menunjukkan kemampuan bahasa Inggris yang maksimal jika terlalu stres hingga tidak bisa fokus. Jadi, belajarlah untuk menjaga keseimbangan emosional dan menggunakannya untuk membantu bukan menghalangi kemajuan.

7. Perbanyak Latihan Belajar TOEFL Secara Otodidak

Sayangnya, tidak ada jalan pintas. Berlatih dan berlatih merupakan cara belajar TOEFL otodidak yang sangat efektif. Meski semua orang bermalas-malasan di bawah sinar matahari, minum latte di kafe, atau ngemil di warung, Hunters tetap harus belajar dan berlatih untuk TOEFL.

Semakin banyak Anda berlatih, semakin tinggi skor yang bisa Anda raih. Namun Anda juga harus pandai mengatur waktu, uang, tenaga dan material. Jangan terburu-buru dalam mengikuti tes. Jangan berpuas diri. Pemburu perlu berkomitmen untuk melakukan persiapan selengkap dan seintensif mungkin. Buatlah rencana belajar dan ikuti setiap langkah.

Luangkan waktu selama seminggu untuk mengikuti tes latihan. Kemudian luangkan lebih banyak waktu untuk meningkatkan keterampilan kosakata Anda jugatata bahasa. Ikuti tes tiruan dan atur waktunya seolah-olah itu adalah hari ujian. Jangan gunakan alat bantu apa pun seperti kamus atautelepon pintar.

Menggunakanpengatur waktu untuk mengatur waktu mulai dan berakhirnya tes. Jika Anda merasa gugup, bagus! Merasa gugup sebenarnya adalah hal yang baik, hal itu membuat para Pemburu tetap terjaga. Berlatihlah menjadi gugup dan kebal terhadap stres. Ini akan memaksimalkan kinerja pada hari ujian sebenarnya.

8. Menjaga Keseimbangan Emosi

Pahami juga bahwa Pemburu tidak dapat berhasil pada percobaan pertama tes TOEFL. Jadi, belajarlah menjaga keseimbangan emosional. Tetap pastikan bahwa Anda sudah cukup berlatih dan paham dengan ujian yang akan Anda hadapi. Pada hari ujian, pertahankan rutinitas ini. Ingatlah waktu yang Anda habiskan untuk berlatih. Inilah saatnya menunjukkan hasilnya.

9. Ubah Kelemahan Anda Menjadi Kekuatan!

Cobalah untuk mengidentifikasi sisi lemah yang Anda miliki dalam materi TOEFL. Misalnya, Anda merasa titik lemah Anda adalah materimendengarkan. Jadi, Pemburu perlu bekerja lebih keras untuk memperbaikinya. Anda bisa mencoba lebih sering menonton berita, serial atau film berbahasa Inggris dan mendengarkan lagu dansiniar berbahasa Inggris.

Jika kelemahan Hunter adamembaca, lalu Anda bisa meningkatkannya dengan memperkayanyakosakata. Hal utama adalah,maksimalkan diri Anda! Jangan membatasi diri karena jika Anda terus mencoba, Anda bisa terus berkembang! 

10. Habiskan minimal 2 jam sehari

Kedengarannya tidak sulit, bukan? Jika Anda bekerja atau bersekolah maka jadwalkan waktu belajar Anda sesuai dengan itusuasana hati yang terbaik (siang, pagi, atau malam). Dalam seminggu, bagilah jadwal menjadi 2 hari untukMendengarkan,Membaca, DanStruktur (Tata bahasa). Nah, di hari ketujuh kamu sudah bisa melakukannyamencetak gol untuk evaluasi.

11. Mengumpulkan Soal Latihan

Jika Anda belum aktif mengikuti kursus persiapan TOEFL, jangan khawatir. Anda dapat memilih sumber belajar yang sesuai dengan kenyamanan Anda. Anda dapat meminjam atau membeli buku soal latihan TOEFL sendiri, atau dari situs online yang menyediakan soal latihan gratis. Semakin sering Anda berlatih, maka akan semakin mudah dalam mengerjakan TOEFL.

12. Perluas Kosakata

Seringkali Anda mungkin mendengar pertanyaan, “Di mana saya harus memulai?” untuk memperkaya kosakata. Sebenarnya Anda tidak perlu membayangkan cara rumit yang justru akan membatasi. Mulailah saja dari contoh soal TOEFL Reading. Berlatihlah menerjemahkanbagian membantu memperkaya kosakata sekaligus memahami maknanya, bukan sekedar menghafal.

13. Pelajari Kelas Kata Dasar

Mempelajari kelas kata (bagian dari pidato) Bahasa Inggris sepertikata kerja,kata keterangan,kata benda, dan sebagainya dapat membantu mempermudah saat mengerjakan soal Struktur. Saat ini Anda dapat mencari sumber online di Google yang menyediakan materi tentang struktur

14. Cara mudah belajar listening: Menonton film atau mendengarkan lagu

Menonton film dan mendengarkan lagu, dua aktivitas santai yang menyenangkan bukan? Anda tidak hanya dapat menghibur diri sendiri tetapi juga mengasah keterampilan mendengarkan Anda. Anda dapat mendengarkan percakapan dalam film berbahasa Inggris yang merupakan cara penyajian pertanyaan Listening. Jika konsentrasi Anda cukup baik, cobalah mencatat lirik lagu sambil diputar, atau mendengarkan e-book.

Penutup

Belajar TOEFL dari nol memerlukan komitmen dan konsistensi. Hasil yang diperoleh dapat bervariasi tergantung pada upaya dan waktu yang diinvestasikan. Artikel ini bukan jaminan kesuksesan langsung, tetapi memberikan panduan yang berguna bagi mereka yang siap menghadapi tantangan ini.

Baca Juga 

Cara Belajar Bahasa Inggris Dengan Cepat

Cara Belajar Agar Cepat Faham Dan Masuk Ke Otak

100 Kata Kata Bijak Tentang Belajar