Contoh Surat Lamaran Kerja Umum dan Tips Menulisnya

Sohanews – Contoh surat lamaran kerja adalah salah satu dokumen penting yang sering kali menjadi kesan pertama Anda kepada pihak perusahaan atau pemberi kerja. Surat lamaran kerja yang baik tidak hanya memperkenalkan Anda secara profesional tetapi juga menonjolkan keahlian dan pengalaman yang relevan dengan posisi yang Anda lamar.

Contoh Surat Lamaran Kerja

Berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja umum yang dapat Anda adaptasi sesuai dengan kebutuhan dan latar belakang profesional Anda.


[Nama Anda] [Alamat Anda] [Nomor Telepon Anda] [Alamat Email Anda] [Tanggal]

[Nama Penerima] [Jabatan Penerima] [Nama Perusahaan] [Alamat Perusahaan]

Yth. Bapak/Ibu [Nama Penerima],

Dengan hormat,

Saya menulis surat ini untuk menyatakan ketertarikan saya pada posisi [Nama Posisi] yang baru-baru ini saya lihat di [Sumber Informasi Lowongan], di [Nama Perusahaan]. Saya percaya bahwa pengalaman saya dalam [Sebutkan Bidang atau Industri Terkait] dan kemampuan saya dalam [Sebutkan Kemampuan atau Keahlian Terkait] membuat saya menjadi kandidat yang ideal untuk posisi ini.

Selama [Jumlah Tahun Pengalaman] tahun terakhir, saya telah bekerja sebagai [Jabatan Terakhir] di [Nama Perusahaan Terakhir] di mana saya berhasil [Sebutkan Prestasi atau Kontribusi Signifikan]. Pengalaman ini tidak hanya memperkuat kemampuan saya dalam [Sebutkan Kemampuan Terkait] tetapi juga mengajarkan saya pentingnya [Sebutkan Pelajaran yang Dipelajari]. Saya yakin bahwa pengalaman dan keterampilan yang saya miliki akan memberikan kontribusi positif bagi tim [Nama Departemen] di [Nama Perusahaan].

Saya terkesan dengan [Sebutkan Aspek Perusahaan yang Menarik] di [Nama Perusahaan] dan sangat antusias dengan kesempatan untuk menjadi bagian dari tim Anda yang berbakat. Saya yakin bahwa latar belakang dan keahlian saya dalam [Sebutkan Area Keahlian] akan memungkinkan saya untuk mendukung [Nama Perusahaan] dalam mencapai tujuan [Sebutkan Tujuan Terkait Perusahaan].

Saya lampirkan resume saya yang lebih detail mengenai latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja saya. Saya sangat berharap dapat berdiskusi lebih lanjut tentang bagaimana saya dapat memberikan kontribusi bagi [Nama Perusahaan]. Saya tersedia untuk wawancara kapan saja dan dapat dihubungi melalui [Nomor Telepon] atau [Alamat Email].

Terima kasih atas pertimbangan dan waktu Bapak/Ibu. Saya menantikan kesempatan untuk berbicara dengan Anda.

Hormat saya,

[Tanda Tangan (jika dikirim dalam bentuk cetak)]

[Nama Anda]


Tips Menulis Surat Lamaran Kerja

  1. Personalisasi Surat Anda: Sesuaikan surat lamaran Anda untuk setiap lamaran pekerjaan, mencerminkan bagaimana Anda sebagai kandidat terbaik untuk posisi tersebut.
  2. Riset Perusahaan: Tunjukkan bahwa Anda telah melakukan riset tentang perusahaan dan menyatakan mengapa Anda tertarik bekerja di sana.
  3. Fokus pada Keahlian dan Prestasi Anda: Soroti keahlian, pengalaman, dan prestasi yang relevan dengan posisi yang Anda lamar.
  4. Jadilah Singkat dan Padat: Pertahankan surat lamaran Anda satu halaman saja dan gunakan bahasa yang jelas dan langsung.
  5. Proofreading: Sebelum mengirim, pastikan untuk memeriksa kesalahan ejaan atau tata bahasa.

Surat lamaran kerja yang baik adalah langkah pertama untuk membuka pintu kesempatan dalam karir Anda. Pastikan untuk membuatnya sepersonal mungkin, menonjolkan pengalaman dan keahlian Anda yang paling relevan dengan posisi yang Anda inginkan.